RSS

Aritmetika, bukan Aritmatika

25 Apr

Apa itu aritmetika ??. Aritmetika berasal dari kata Yunani yaitu arithnos yang artinya dalam bahasa kita adalah angka. Dalam perjalanannya yang panjang dari Yunani sampai ke Indonesia, para kaum awam keseringan mengubah ejaan saat ingin mengatakan kata “aritmetika”, yang mungkin terpengaruh oleh amandemen  Undang-Undang Dasar oleh bapak ibu    kita di DPR (apa hubungane yaa ??.hahaha). Oleh    orang awam saat ini, khususnya orang-orang yang   berdiri di Indonesia saat ini, a-rit-me-ti-ka berubah    ejaan menjadi a-rit-ma-ti-ka, dan bagi yang kurang mengetahuinya, ejaan ini dianggap benar dan sahih meskipun sebenarnya salah total.

Aritmetika disebut jua ilmu hitung yang merupakan ilmu matematika yang mempelajari operasi-operasi dasar bilangan. Nama lain yang dari aritmetika, yang sering dianggap sama oleh orang awam adalah “teori bilangan”, karena dianggap sama-sama mempelajari operasi-operasi dasar pada bilangan.

Di atas dijelaskan bahwa aritmetika adalah ilmu dalam matematika yang membahas tentang operasi-operasi dasar pada bilangan, operasi-operasi dasar tersebut adalah penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, so, sadar gak kalo kita tiap hari selalu belajar matematika jurusan aritmetika ???. Terkadang pada operasi-operasi canggih dan lebih kompleks seperti perpangkatan, akar kuadrat, presentase, pemfaktoran hingga yang namanya logaritma juga dimasukkan ke dalam aritmetika, padahal ini merupakan turunan dari operasi-operasi dasar tersebut.

Perhitungan dalam aritmetika dilakukan dengan urutan-urutan tertentu, yang bermaksud untuk mrnentukan bilngan-bilangan mana dulu yang wajib kita urus. Urutan-urutan pada operasi aritmetika dasar tersebut adalah perkalian dulu baru penjumlahan. Lalu pembagian dan pengurangan ??. Pembagian dimasukan ke dalam kategori perkalian, karena pembagian adalah perkalian dengan bilangan inversnya, dan pengurangan adalah penjumlahan dengan negatif bilangan tersebut. Tapi pengecualian dilakukan jika pada operasi tersebut terdapat tanda kurung (buka sekalian tutupnya), artinya bilangan yang harus diurus adalah bilangan-bilangan yang terdapat dalam kurungan tersebut😀.

Aritmetika yang dipelajari oleh anak sekolahan terbatas pada aritmetika bilangan asli, bulat, rasional dan real, yang umumnya perhitungannya diwajibkan manual oleh gurunya agar si murid bisa lebih pandai dari si guru😀. Namun karena canggihnya dunia teknologi dan semakin rumitnya pikiran-pikiran murid jaman sekarang, si murid lebih suka menggunakan alat-alat yang sebenarnya untuk 18+ seperti kalkulator, handphone, hingga komputer (kebanyakan disertai alasan pamer :-D) untuk mempermudah perhitungan pada operasi dasar aritmetika.

Dalam perkembangannya, untuk alasan efiiensi, telah dibuka cabang baru yang orang awam menyebutnya dengan jarimatika, yaitu trik-trik khusus menghitung dengan menggunakan jari (syaratnya jarinya masih utuh dan punya sendiri-sendiri :-D)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada April 25, 2011 in Yusuf Kertanegara

 

Tag: , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: