RSS

Membentuk Kemampuan Matematika Anak-Anak

26 Des

Ketika seorang anak mulai bersekolah, mereka mulai mendapat pendidikan formal, seperti membaca, menulis, dan berhitung. Dalam berhitung, mereka mulai belajar mengenal angka dan mengenal aritmetika dasar, yaitu menambahkan, mengurangkan, mengalikan, dan membagi. Aritmetika hanyalah sebagian dari manfaat matematika yang lebih besar. Matematika adalah semua tentang angka.

Matematika menumbuhkan daya piker anak menjadi kritis dan mengajarkan pada anak tentang pemecahan masalah sehari-hari. Pada umur kekanak-kanakan, pemikiran otak baru disusun dan rasa keingintahuan untuk belajar mulai tumbuh. Sehingga masa ini menjadi masa yang tepat untuk menanamkan konsep dasar matematika.

Anak-anak memiliki sifat keingintahuan yang sangat tinggi, mereka mulai belajar merangkak, kemudian berjalan, memegang benda-benda di sekitarnya, dan mulai mengerti tentang besar-kecil mainan mereka. Mereka mulai memikirkan ide-ide terhadapa lingkungan mereka. Dengan aktivitas-aktivitas tersebut, seorang anak mulai belajar tentang matematika dasar. Mereka belajar tentang:

  1. Mengelompokkan dan mengurutkan: memasangkan objek yang memiliki kesamaan, seperti bentuk, ukuran, warna, dan lain sebagainya.
  2. Mengenal angka: menyebutkan dan mengenali makna angka
  3. Mengenal bentuk: mengenal dan menggambar bangun-bangun yang dasar seperti lingkaran, persegi, persegi panjang, segitiga.
  4. Mengenal pola: dapat menebak apa yang akan muncul berikutnya dalam suatu pola
  5. Memperkirakan: menebak jumlah, jarak, bagaimana sesuatu dapat mempengaruhi sesuatu lainnya (contohnya, benda yang berat mempengaruhi gerak benda tersebut)
  6. Mengukur: memahami bahwa suatu objek dapat digunakan untuk mendeskripsikan objek lainnya dan belajar tentang konsep tinggi, pendek, berat, ringan, luas, sempit.
  7. Menyebutkan waktu: memahami konsep waktu, lampau dan sekarang, dengan kata seperti baru saja, tadi malam, kemarin, besok, besok lusa.

Semua itu adalah hal penting yang menjadi dasar seorang anak untuk belajar matematika, dan menjadi basis saat seorang anak duduk di bangku sekolah dasar.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 26, 2011 in Math for Child

 

Tag: , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: