RSS

MENGEMBANGKAN INSTRUMEN NON TES

28 Des

  1. 1.      Wawancara

Langkah-langkah menyusun instrumen non-tes wawancara

  1. Perumusan tujuan
  2. Perumusan kegiatan atau aspek-aspek yang akan dinilai
  3. Penyusunan kisi- kisi
  4. Penyusunan panduan wawancara

Berikut ini adalah contoh Pedoman Wawancara:

1. Wawancara ke               : …………………………………………………………

2. Waktu wawancara        : …..…………………………………………………….

3. Tempat wawancara       :…………………………………………………………

4. Masalah                         :…..……………………………………………………..

5. Nama siswa                   :…………………………………………………………

6. Proses wawancara         :….……………………………………………………..

7. Kesimpulan/ catatan      : ……………..………………………………………….

  1. Menyusun lembaran penilaian

Contoh format wawancara

Berikut ini contoh wawancara terbuka untuk memperoleh informasi mengenai motivasi belajar siswa di luar jam pelajaran atau sekolah.

Bentuk                  : wawancara bebas

Responden                        : siswa yang memiliki prestasi kurang

Nama siswa           :

Kelas/semester      :

Jenis kelamin         :

No

Pertanyaan

Uraian / Jawaban

Kesimpulan

1. Apakah siswa mempunyai keinginan untuk keluar dari kesulitan yang dihadapinya ?  
2. Apakah orang tua siswa di rumah menyuruh untuk belajar ?
3. Apakah siswa diluar jam ataupun dirumah berusaha belajar dengan teman yang lain?
4. Apakah siswa mempunyai buku paket atau referensi yang berhubungan dengan materi yang sedang dibahas ?
5. Pada saat mengalami kesulitan apakah siswa berusaha bertanya kepada teman lain atau kepada guru ?
  1. 2.      Angket

Langkah-langkah menyusun instrumen non-tes angket

  1. Merumuskan tujuan
  2. Merumuskan kegiatan
  3. Menyusun langkah-langkah
  4. Menyusun kisi-kisi
  5. Menyusun panduan angket
  6. Menyusun alat penilaian

Contoh angket:

ANGKET MINAT SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran      :……………

Kelas/ Semester     :……………

Hari/tanggal          : ……………

Petunjuk :

  1. Pada angket ini terdapat 5 pernyataan. Pertimbangkan baik-baik setiap pernyataan dalam kaitannya dengan materi pembelajaran yang baru selesai kamu pelajari, dan tentukan kebenaranya.
  2. Berilah jawaban yang benar sesuai dengan pilihanmu.
  3. Pertimbangkan setiap pernyataan secara terpisah dan tentukan kebenarannya. Jawabanmu jangan dipengaruhi oleh jawaban terhadap pernyataan lain.
  4. Catat responmu pada lembar jawaban yang tersedia, dan ikuti petunjuk-petunjuk lain yang mungkin diberikan berkaitan dengan lembar jawaban. Terima kasih.

Keterangan pilihan jawaban:

1. = sangat tidak setuju

2. = tidak setuju

3. = ragu-ragu

4. = setuju

5. = sangat setuju


NO Pertanyaan Pilihan Jawaban
1 2 3 4 5
1. Saya merasa bahwa pembelajaran ini memberikan banyak kepuasan kepada saya
2. Dalam pembelajaran ini, saya mencoba menentukan standar keberhasilan yang sempurna
3. Saya berpendapat bahwa nilai dan penghargaan lain yang saya terima adalah adil jika dibandingkan dengan yang diterima oleh siswa lain
4. Siswa di dalam pembelajaran ini tampak rasa ingin tahunya terhadap materi pelajaran
5. Saya senang aktif dalam pembelajaran ini
  1. 3.      Sosiometri

Langkah-langkah menyusun instrumen non-tes sosiometri

  1. Sebelumnya, petugas yang akan memandu asesmen ini berusaha menciptakan hubungan baik dengan kelompok
  2. Petunjuk diberikan dengan jelas, dengan menerangkan maksud pelaksanaan sosiometri.
  3. Diselenggarakan dalam kondisi antar individu harus saling mengenal, namun siswa tidak saling mengetahui jawabannya.
  4. Menetapkan kriteria atau alasan memilih orang lain, kemudian meminta siswa memilih seorang teman yang paling disukainya
  5. Menyajikan hasil pilihan ke dalam tabel
  6. Menyajikan tabel ke dalam grafik berpola
  7. menganalisis hasil sosiometri yaitu:
    1. Memeriksa hasil angket sosiometri
    2. Membuat tabulasi yang berupa matrik sosiometri
    3. Membuat sosiogram
    4. Menghitung indeks pemilihan (i.p), yakni indeks pemilihan
    5. Membuat laporan hasil analisis sosiometri.

Contoh angket sosiometri :

Nama              :……………………………………………..
Jenis kelamin :……………………………………………..
Umur              :……………………………………………..
Alamat           :……………………………………………..

Isilah titik-titik di bawah ini dengan sejujurnya:

  1. Pilihlah 2 (dua) orang teman Anda dalam kelas ini yang Anda senangi untuk diajak belajar bersama:
    1. ……………….………………….., alasannya ……..………………………..
    2. ………………….……………….., alasannya ……..………………………..
    3. Pilihlah  seorang teman Anda yang paling Anda senangi untuk menjadi ketua kelompok belajar :…………………..……, alasannya…………………………..
    4. Pilihlah teman Anda yang paling Anda senangi untuk menjadi ketua kelas: …………………………….., alasannya……………………………..
    5. Pilihlah 2 (dua) orang teman Anda dalam kelas ini yang Anda senangi untuk diajak bermain-main bersama (misalnya: kesenian, olahraga, dan lain-lain):
      1. ………………………..………….., alasannya ……..………………………..
      2. ………………………..………….., alasannya ……..………………………..
      3. Pilihlah 2 (dua) orang teman Anda dalam kelas ini yang kurang Anda senangi:
        1. ………………………..………….., alasannya ……..………………………..
        2. ………………………..………….., alasannya ……..………………………..
        3. Pilihlah seorang teman Anda dalam kelas ini yang  paling tidak Anda senangi: ……….…………………….., alasannya….…………………….……………..
  1. 4.      Asesmen Kinerja

Langkah-langkah menyusun instrumen non-tes evaluasi kinerja

  1. Menentukan tujuan pembelajaran, baik tujuan internal maupun tujuan eksternal
  2. Menetapkan standar asesmen (rubrik penskoran)

Contoh rubrik penskoran untuk asesmen kinerja

Level

Kriteria Khusus

3

Superior

  1. Menunjukkan pemahaman yang lebih terhadap suatu konsep
  2. Menggunakan strategi yang sesuai
  3. Perhitungannya benar
  4. Rumus yang digunakan tepat
  5. Melebihi semua permasalahan yang diinginkan

2

Memuaskan

  1. Menunjukkan pemahaman yang lebih terhadap suatu konsep
  2. Menggunakan strategi yang sesuai
  3. Perhitungannya pada umumnya benar
  4. Rumus yang digunakan pada umumnya benar
  5. Memenuhi  semua permasalahan yang diinginkan

1

Cukup Memuaskan

  1. Menunjukkan pemahaman terhadap sebagian konsep
  2. Pada umumnya strategi yang digunakan sesuai
  3. Perhitungannya pada umumnya benar
  4. Rumus yang digunakan pada umumnya benar
  5. Memenuhi  sebagian  permasalahan yang diinginkan

0

Tidak Memuaskan

  1. Menunjukkan sedikit atau tidak ada pemahaman terhadap  suatu konsep
  2. Tidak menggunakan strategi yang sesuai
  3. Perhitungannya tidak  benar
  4. Rumus yang digunakan tidak benar atau tidak cocok
  5. Tidak memenuhi permintaan permasalahan yang diinginkan
  1. Menetapkan tugas dan instrumen asesmen
  2. Melaksanakan dan melakukan monitoring asesmen

Contoh Asesmen Kinerja :

Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah

…………………….………..……………………………………….

Kelas                                          : 3 (tiga)

Semester                                     : 1 (satu)

Kompetensi matematika           : Statistika dan Peluang

Topik                                          : Statistika

Kompetensi dasar                      : Melakukan kegiatan statistika

Hasil belajar                               : Menyajikan dan menafsirkan data

Indikator                                 : 1. Menghitung mean (rata-rata)

                                                  2. Menjelaskan makna mean (rata-rata)

Model pembelajaran                   : cooperative learning tipe STAD

Penskoran                                   : Rubriks

SOAL 1

  • Siswa berkumpul dalam kelompok masing-masing
  • Dalam setiap kelompok siswa dibagi permen/kerikil/kelereng atau yang sejenisnya dengan jumlah permen/kerikil/kelereng yang berbeda setiap orangnya.
  1. Hitunglah jumlah permen/kerikil/kelereng yang kamu dapatkan dan ingat baik-baik jumlah permen/kerikil/kelereng tersebut.
  2. Pilihlah seorang teman dalam kelompokmu, tanya berapa jumlah permen/kerikil/kelereng yang ia dapat.  Jumlah permen/kerikil/kelereng yang paling banyak dari pasanganmu itu berikan pada teman pasanganmu yang memiliki permen/kerikil/kelereng lebih sedikit, sehingga jumlah permen/kerikil/kelereng yang kamu miliki dengan pasanganmu sama atau lebihnya satu.
  3. Pilih kembali teman yang lain sebagai pasanganmu dan lakukan seperti langkah b di atas.  Demikian seterusnya sampai setiap orang dalam kelompokmu memiliki jumlah permen yang sama.
  4. Tulislah rumus yang mungkin untuk menyatakan rata-rata dari banyaknya permen yang didapat setiap orang dalam kelompokmu.
  1. 5.      Portofolio

Langkah-langkah menyusun instrumen non-tes portofolio

  1. Menetapkan tujuan portofolio
  2. Menetapkan prosedur pengembangan portofolio
  3. Melakukan tugas dan menyusun portofolio
  4. Merangkum dan melaporkan
  5. Mengadakan proses evaluasi

Contoh tugas portofolio

Nama   : ……………………                                                Kelas/No. : …………. / ………..

 

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Indikator

7. Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem. 7.2 Mengidentifikasi pentingnya keanekaragaman mahluk hidup dalam pelestarian ekosistem.
  • Membuat tulisan (Majalah dinding, “leaflet”, artikel) beserta foto/gambarnya, memperkenalkan jenis, bentuk, dan manfaat tumbuhan/hewan langka yang dilindungi.
  • Mendeskripsikan usahausaha yang dapat dilakukan manusia untuk pelestarian keanekaragaman hayati
Tugas Portofolio:

  1. Membuat artikel singkat mengenai jenis-jenis tumbuhan dan hewan langka yang dilindungi, dengan melengkapkan bentuk/ciri khusus dan manfaat tiap jenis tumbuhan atau hewan langka ini. Tuliskan pula cara atau langkah perlindungan dan pelestarian yang dilakukan pemerintah terhadap hewan dan tumbuhan langka.
  2. Buat laporan untuk kegiatan ini beserta:
  • Bukti referensi (copy, printed/repro)
  • Jadwal pelaksanaan kegiatan pengumpulan
  • Data pengumpulan etiket (hari, tanggal, tempat pengambilan, dan sebagainya)
  • Lain-lain yang dianggap penting untuk disertakan sebagai bukti/informasi.
  1. Laporan dikumpulkan paling lambat minggu ke-4 bulan April 2011.

 

Jadwal kegiatan pelaksanaan penyusunan portofolio:(disusun bersama oleh guru dan kelompok siswa untuk: (1) memonitor pelaksanaan kegiatan; (2) mengevaluasi pelaksanaan kegiatan) 

 

No

 

Kegiatan

Maret (minggu ke)

April (minggu ke)

 

Keterangan

3

4

1

2

3

4

1

Mendapat tugas

x

 

 

 

 

 

2

Merencanakan kegiatan

x

 

 

 

 

 

3

Monitoring ke 1

 

X

 

 

 

 

Melaporkan hasil pengumpulan tahap pertama.

4

Monitoring ke 2

 

 

 

x

 

 

Melaporkan hasil pengumpulan tahap pertama.

5

Pengecekan kelengkapan data dan bukti

 

 

 

x

 

 

6

Penyusunan laporan

 

 

 

 

x

 

7

Penjilidan laporan

 

 

 

 

 

x

8

Penyerahan laporan

 

 

 

 

 

x

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 28, 2011 in Pendidikan

 

Tag: , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: