RSS

TABEL PERBANDINGAN JENIS-JENIS INSTRUMEN NON TES

28 Des

No

Pembanding

Angket

Wawancara

Sosiometri

Asesmen kinerja

Portofolio

1 Pengertian Angket adalah sebuah alat pengumpulan data bersifat bersifat tertulis yang digunakan untuk mendapatkan informasi dari responden atau penjawab angket tersebut Wawancara adalah sebuah alat pengumpulan data bersifat bersifat lisan yang digunakan untuk mendapatkan informasi dari responden, dilakukan dengan cara tanya jawab sepihak Sosiometri adalah alat yang digunakan untuk menilai aspekPerilaku individu, terutama hubungan dan posisi dalam lingkungan sosialnya, biasanya dilakukan dengan meminta menuliskan teman terdekat dari individu tersebut Asesmen kinerja merupakan bentuk pengamatan dan penilaian secara langsung dan sistematis dari kinerja para siswa dengan mengacu pada kriteria kinerja yang telah ditetapkan Portofolio adalah kumpulan hasil karya seorang siswa, sebagai hasil pelaksanaan tugas kinerja, yang ditentukan oleh guru atau oleh siswa bersama guru, sebagai bagian dari uasaha mencapai tujuan belajar, atau mencapai kompetensi yang ditentukan dalam kurikulum
2 Kelebihan
  1. Dengan angket kita dapat memperoleh data dari sejumlah anak yang banyak yang hanya membutuhkan waktu yang singkat
  2. Setiap anak dapat memperoleh sejumlah pertanyaan yang sama
  3. Dengan angket anak pengaruh subjektif dari guru dapat dihindarkan

 

  1. Wawancara dapat memberikan keterangan keadan pribadi hal ini tergantung pada hubungan baik antara pewawancara dengan objek
  2. Wawancara dapat dilaksanakan untuk setiap umur dan mudah dalam pelaksaannya
  1. Wawancara dapat dilaksanakan serempak dengan observasi
  2. Data tentang keadaan individu lebih banyak diperoleh dan lebih tepat dibandingkan dengan angket
  3. Wawancara dapat menimbulkan hubungan yang baik antara si pewawancara dengan objek
    1. Mengetahui hubungan sosial antar siswa
    2. Meningkatkan hubungan sosial antar siswa
    3. Menempatkan siswa dalam kelompok yang sesuai
    4. Menemukan siswa mana yang mempunyai masalah penyesuaian diri dengan kelompoknya
    5. Membantu meningkatkan partisipasi sosial diantara siswa dengan penerimaan sosialnya.
    6. Membantu meningkatkan pemahaman siswa dalam pergaulan yang sedang dialami.
    7. Membantu konselor dalam menciptakan iklim sosial yang lebih baik dengan menyesuaikan program yang konstruktif
    8. Dapat mengevaluasi hasil belajar yang kompleks, yang tidak dapat dievaluasi dengan cara konvensional
    9. Menyampaikan hasil evaluasi yang lebih hakiki, lengkap dan langsung
    10. Menyajikan motivasi belajar yang tinggi bagi siswa dengan tujuan yang jelas
    11. Mendorong siswa untuk mengaplikasikan hasil belajar pada kehidupan yang nyat
    12. Portofolio menyajikan atau memberikan:“bukti” yang lebih jelas atau lebih lengkap tentang kinerja siswa daripada hasil tes di kelas
    13. Portofolio merupakan catatan jangka panjang tentang kemajuan siswa
    14. Portofolio memberikan gambaran tentang kemampuan siswa
    15. Penggunaan portofolio penilaian mencerminkan pengakuan atas bervariasinya gaya belajar siswa
    16. Portofolio memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif dalam penilaian hasil belajar
3 Kelemahan
  1. Pertanyaan yang diberikan melalui angket adalah terbatas, sehingga apabila ada hal-hal yang kurang jelas maka sulit untuk diterangkan kembali
  2. Kadang-kadang pertanyaan yang diberikan tidak dijawab oleh semua anak, atau mungkin dijawab tetapi tidak sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya. Karena anak merasa bebas menjawab dan tidak diawasi secara mendetail
  3. Ada kemungkinan angket yang diberikan tidak dapat dikumpulkan semua, sebab banyak anak yang merasa kurang perlu hasil dari angket yang diterima, sehingga tidak memberikan kembali angketnya
1.Keberhasilan wawancara dipengaruhi oleh kesediaan, kemampuan individu yang diwawancarai2.Kelancaran wawancara dapat dipengaruhi oleh keadaan sekitar pelaksaan wawancara

3.Wawancara menuntut penguasaan bahasa yang baik dan sempurna dari pewawancara

4.Adanya pengaruh subjektif dari pewawancara dapat mempengaruhi hasil wawancara

  1. Perlu diketahui bahwa tes sosiometri, tidak memberikan jawaban yang pasti. Tes ini hanya bisa memberikan indikasi struktur social atau petunjuk bagi peneliti tentang individu pada periode tertentu
  2. Seluruh teori sosiometri atau postulatnya belum dites dan dikembangkan sampai pada tingkat yang tak tersangkal kebenarannya
  1. Siswa cenderung memilih bukan atas dasar pertimbangan dengan siapa dia akan paling berhasil dalam melakukan kegiatan (sosiogroup) melainkan atas dasar simpati dan antipati (psychogroup)
  2. Membutuhkan waktu dan usaha yang perlu dipertimbangkan
  3. Penilaian dan penskoran bersifat subjektif, sehingga memiliki reliabilitas yang rendah
  4. Evaluasi harus lebih sering dilakukan secara individu daripada kelompok
  5. Penggunaan portofolio tergantung pada kemampuan siswa dalam menyampaikan uraian secara tertulis. Selama siswa belum lancar berbahasa tulis indonesia, penggunaan portofolio akan merupakan beban tambahan yang memberatkan sebagian besar siswa
  6. Penggunaan portofolio untuk penilaian memerlukan banyak waktu dari guru untuk melakukan penskoran
4 Jenis-jenisnya
  1. Angket langsung
  2. Angket tidak langsung
  3. Angket tertutup
  4. Angket terbuka
  5. Wawancara  berstruktur
  6. Wawancara  bebas  (tak berstruktur)
  7. Tes yang hanya mengharuskan memilih teman saja
  8. Tes yang mengharuskan menyatakan kesukaan/ketidak-sukaannya
    1. Asesmen informal
    2. Observasi
    3. Penggunaan pertanyaan
    4. Presentasi
    5. Diskusi
    6. Projek
    7. Investigasi atau penyelidikan
    8. Portofolio
    9. Jurnal
    10. Wawancara
    11. Konferensi, dan evaluasi diri oleh siswa
    12. Hasil proyek, pengamatan atau praktik siswa
    13. Laporan hasil pengamatan siswa
    14. Analisis situasi
    15. Deskripsi pemecahan masalah
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Desember 28, 2011 in Pendidikan

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: